2014: Cheers for a Bright-Wonderful-Marvelous Year! :D

rat

2014 adalah tahun yang berat. Itu aku sadari saat di malam pergantian tahun, keluarga besar kami berkumpul di satu ruangan dan berdoa, seperti malam-malam tahun baru sebelumnya. Saling mendoakan pokok doa tiap orang, harapan-harapan tiap orang. Dan apa yang mereka doakan untuk aku? Lulus. Yap! tahun 2014 ini normalnya adalah tahun kelulusanku dari institut ini. Seharusnya senang ya, sebentar lagi lulus. Tetapi proses menuju kelulusan itu loh yang membuat aku takut.

Semester 7 kemarin, sudah cukup menguras keringat dan air mata (ceileh). Dan semester 8 di depan ini, akan lebih berat. Aku harus segera memulai penelitianku, 2 bulan ke laboratorium setiap hari (termasuk Sabtu & Minggu) untuk proses penelitian, yah, minimal kasih makan piaraan baru: tikus-tikus putih yang jumlahnya 70 ekor. Harus melakukan proses ini itu dengan alat ini itu, analisis data, menyusun skripsi, seminar, dan sidang. Dengan waktu yang singkat, ini semua harus selesai. Kadang terpikir (sering sih), apa aku bisa menyelesaikan semuanya dengan cukup baik?

“Man can only do the best,
But God will do the rest.”

Aku mungkin belum melakukan yang terbaik, dan masih dalam proses menuju kesana. Setelahnya, tinggal berserah kepada Tuhan. Aku ingat post galau yang pernah kutulis di awal-awal jadi mahasiswa. Aku takut tidak bisa bertahan di kampus ini. Tapi ternyata, Dia menopang aku hingga tingkat akhir. Dan aku yakin, sama seperti tulisanku dulu: Kalau Tuhan menolong aku hingga masuk ke kampus ini, Dia pasti akan menolong aku untuk keluar dari kampus ini. Amin! Anak-anak tingkat akhir, Tuhan beserta kita. Cheers!😀

One thought on “2014: Cheers for a Bright-Wonderful-Marvelous Year! :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s