Know Your Limit!

sleeping-dogs-papillon-puppy-dog-sleep-animals-free-hd-225651

Belakangan, banyak kabar mengenai mahasiswa atau orang-orang muda yang meninggal karena kelelahan, vertigo, maag akut, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang sebenarnya ringan dan dapat ditangani. Anak muda identik dengan semangat. Ambisi. Kalau sudah “passion meets opportunity“, susah dihentikan. Termasuk aku. Saat mengerjakan sesuatu yang aku suka, aku lupa waktu. Tiba-tiba sudah jam 2 pagi dan perut keroncongan. Juga, saat mengerjakan sesuatu yang ‘harus’ aku suka, seperti saat ujian. Belajar, belajar, belajar. Dituntut sana-sini. Mau tidak mau, seberapapun lelahnya badan ini, semua bahan dan slide-slide kuliah harus dibaca sampai selesai baru boleh tidur. Itu prinsipku selama ini.

Namun beberapa kejadian yang menimpa kawan-kawan satu kampus, juga kasus-kasus pada orang-orang muda tadi membuat aku berpikir ulang. Your body has a limit. Kita bukan Tuhan. Badan kita bukan mesin. Mesin pun butuh energi kan. Apalagi tubuh kita.

Energi yang kita dapat berasal dari makanan (glukosa) dan hasil pembakaran lemak maupun protein yang tersimpan di tubuh kita. Dan kalau kamu berpikir bahwa tidur itu tidak membutuhkan energi, kamu salah. Sebab ada yang namanya Basal Metabolic Rate, yang merupakan energi yang dibutuhkan manusia saat istirahat. Saat tidur, jantungmu tetap berdetak. Saat tidur, sistem pencernaanmu sedang bekerja keras. Sistem sarafmu terjaga. Saat tidur, sel-sel tubuhmu masih membutuhkan energi.

Mungkin inilah yang menyebabkan ada kasus dimana orang meninggal saat tidur. Nocturnal hypoglicemia. Glukosa darah turun drastis saat tidur karena kurangnya asupan makan. Pernah dengar tidak, obat diabetes seperti insulin tidak boleh diminum saat malam hari sebelum tidur? Supaya saat gula darahmu turun, kamu tidak sedang dalam keadaan tidur. Saat tidur, kamu tidak sadar bahwa tubuhmu kekurangan glukosa. Lemas. Dan saat tidur kemungkinan tidak ada orang yang bangun dan menjaga kamu, mengecek kadar glukosamu. Tiba-tiba, game over! Itu juga yang menyebabkan, obat diabetes harus diimbangi dengan asupan nutrisi. Maka, makan malam itu penting kawan! Bukan makan malam saja, tapi makan juga penting. Maag yang parah bisa menyebabkan tukak lambung. Jika sudah sampai perforasi (menembus otot lambung), makanan dan asam lambung beserta enzim-enzim pencernaan bisa masuk ke rongga perutmu dan merusak organ-organ lainnya. Duh jangan coba-coba deh!😦

Hal kedua, tidur. Lelah itu satu bentuk respon tubuh kita jika sudah mencapai batasnya. Ada kasus terbaru, dimana ada wanita muda workaholic yang meninggal dan disebutkan karena terlalu lelah bekerja (30 jam lebih, nonstop), dan dia banyak minum minuman energi yang membuatnya tahan bekerja keras. Menurutku, itu bukan salah produk minumannya. Suatu produk yang telah dilepas ke pasaran dan disetujui BPOM harusnya telah diuji dengan baik. Yang salah adalah jika tidak dikonsumsi dengan baik. Misalnya tidak sesuai batasan jumlahnya, atau ternyata kita dikontraindikasikan dengan produk tersebut. Jika terlalu banyak, akan memacu jantung untuk bekerja sangat keras. Artinya jantung berdebar terus menerus. Jika demikian, tentu kerja jantung akan terlalu berat dan menimbulkan kerusakan jantung.

Nah, maka tidur itu penting. Jika sudah lelah, lebih baik tinggalkan sebentar pekerjaan itu dan tidur. Ini juga jadi pelajaran buatku, karena aku sering mengerjakan sesuatu sampai larut malam. Apalagi, biasanya aku tahu bahwa aku telah kelewat batas memforsir tubuh saat aku bangun keesokan paginya (atau siang :p). Badan pegal-pegal, kepala pening, yah begitulah. Aku harus belajar untuk menyicil pekerjaan agar tidak bertumpuk dan memaksaku memforsir tubuh.

Eh tapi jangan dijadikan excuse juga sih. Demi menjaga tubuh terus malah tidur seharian dan makan terus menerus. Itupun gak baik. Enough is best :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s