They’re So Adorable! :D

molly fries

Molly Fries

Masih ingat dengan mereka? Yap! bayi-bayi ikan molly piaraanku. Umur mereka hampir 2 bulan sekarang, jumlahnya 28 ekor (sudah aku hitung benar-benar), dan ukurannya.. masih tetap sebesar biji kacang hijau berekor -_-

Ada 1 hal yang kuperhatikan selalu mereka lakukan akhir-akhir ini. Yah kira-kira 3 minggu ini lah. Mereka kan aku taruh di baskom, karena belum ada akuarium yang besar untuk menampung mereka. Saat aku melongokkan kepala ke atas baskom untuk mengecek, mereka langsung berkumpul di tengah-tengah baskom. Mungkin mereka sudah hafal kali ya, kalau ada kepala di atas baskom, tandanya sebentar lagi makanan akan turun!πŸ˜€

Lalu aku seringkali mencelupkan jariku ke dalam baskom. Dan ada beberapa bayi molly yang mendatangi untuk menghisap-hisap jariku. Tak lama kemudian, jari-jariku ramai didatangi bayi molly, mereka main-main keluar masuk diantara sela-sela jari, menghisap-hisap sampai kegelian. HahahaπŸ™‚

Mereka juga cukup kuat. Beberapa hari yang lalu aku pulang kampung ke Sukabumi selama 3 hari untuk berlibur ke pantai pelabuhan ratu (lihat ceritanya di postingan sebelumnya! :D) Saat aku kembali ke kost, mereka masih hidup! Semua!πŸ˜€ Begitu juga dengan ikan rosy barb/barbir di akuarium bulat. Dia masih hidup juga walaupun ditinggal begitu lama. Bahkan untuk si Barbir ini, pernah aku tinggal selama hampir 2 minggu karena sakit demam berdarah + typhus. Tapi dia tetap hidup disaat ikan-ikan barbir lainnya mati, dan bahkan ada yang loncat keluar dari akuarium dan jadi dendeng di atas mejaku.

Rosy barb jantan ini ikan angkatan pertama di akuariumku. Dia aku beli bersama dua ekor jantan lainnya. Kemudian 2 ekor temannya mati, dan aku membeli 2 ekor barbir betina. Tapi mereka juga mati. Tinggallah rosy barb jantan ini sendirian, lalu aku membeli 4 ekor molly (2 jantan, 2 betina), serta ikan sapu-sapu yang aneh karena dia langsing dan berwarna putih. Namun, satu persatu dari mereka mati, hingga tersisa si barbir jantan ini beserta 28 anak-anak molly yang dilahirkan seekor molly betina 3 hari sebelum dia mati. Ini dia si barbir jantan yang super strong!πŸ™‚

Rosy barb

Rosy Barb

Seru kan punya piaraan? Ikan bisa jadi alternatif piaraanmu loh. Kalau hamster, anjing, kucing agak susah dirawatnya karena cepat kotor, bau, berisik, belum lagi kotorannya, dan makanan serta perawatannya yang mahal (tapi nanti aku pengen punya anjing sih, hehe). Nah kalau ikan, cukup punya akuarium kecil dan sedikit space di ruangan. Filter dan blubup-blubup (gak tahu namanya) kalau perlu. Makanannya? Cukup 5000 rupiah buat 100 gram dan setelah hampir 6 bulan aku memelihara ikan, setengahnya saja belum habis. Soalnya ikan hias makannya sedikit. Perawatan paling ganti air dan bilas-bilas sedikit bebatuan & tanaman airnya 2-3x seminggu. Yang paling menyenangkan, kalau mereka punya anak! Lucu melihat perkembangannya dari lahir sampai besar nanti. Tunggu apa lagi? Mulai sekarang juga!πŸ™‚

Leave a Reply

