Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai laut selatan ini terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Ombaknya yang besar, batu-batu karang yang berbahaya, serta pusaran air yang cukup kencang di beberapa tempat membuat orang-orang terkadang takut untuk berenang hingga jauh dari pantai. Seingatku dulu, pantai ini cukup bersih. Maklum, semasa kecil aku cukup sering bermain ke pantai ini. Agak lupa memang, persisnya di pantai yang mana. Karena di sepanjang Pelabuhan Ratu, ada berbagai nama pantai berbeda.

Liburan tahun lalu, kami sekeluarga sempat mengunjungi salah satu pantai disana, namanya Karanghawu. Pantainya cukup bersih dan ramai pengunjung. Bergeser sedikit, ada lagi pantai (lupa namanya) dimana kita bisa mengumpulkan banyak cangkang kerang. Banyak juga yang jualan kumang lho! Lalu, kami juga sempat mendatangi hotel terkenal, namanya Samudra Beach Hotel. Terkenalnya karena salah satu kamar di hotel itu merupakan kamar yang dipercaya tempat Nyi Roro Kidul. Seingatku waktu kecil, aku pernah mengintip ke dalamnya. Warnanya hijau semua! Dinding, kasur, karpet, semuanya. Ada banyak lukisan-lukisan, serta ada beberapa orang yang sepertinya sedang bertapa.

Oya, disana tak perlu takut kelaparan. Soalnya banyak pedagang kelapa muda dan cukup banyak warung-warung kecil di pinggir pantai. Tentu saja ada pedagang ikan segar hasil tangkapan nelayan daerah sana. Asyik banget kalau punya rencana menginap di villa-villa daerah sana sambil bakar ikan. Buat yang kesulitan kendaraan pribadi ke Pelabuhan Ratu, di terminal bus Kota Sukabumi ada bus jalur Sukabumi-Pelabuhan Ratu. Lama perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari Kota Sukabumi. Ongkosnya? Kurang tahu juga sih, soalnya belum pernah naik itu, hehe..

2 thoughts on “Pantai Pelabuhan Ratu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s